Minggu, 06 Desember 2009

NAMA : I PUTU HENDRA MAS MARTAYANA
NIM : 0714021011
SEMESTER : IV
KELAS :A


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SATUAN PENDIDIKAN : SMP N 2 GEROKGAK
MATA PELAJARAN : SEJARAH
KELAS/PROGRAM : VII A
SEMESTER : I
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 MENIT (1 KALI PERTEMUAN)
TAHUN AJARAN : 2008-2009

Kondisi Kelas : Kelas VII A bersebelahan dengan kelas VII B di selatannya dan kantin di sebelah timurnya. Sebelah baratnya ada lapangan upacara dan sebelah utara ada ruang perpustakaan. Lingkungan kelas sering menjadi bising manakala ada kelas lain yang tidak ada jam pelajaran dan semua siswa tumpah ke kantin sehingga konsentrasi siswa menjadi terganggu akibat kebisingan itu. Untuk mengantisipasi jika masalah itu benar-benar terjadi, selaku pendidik, maka siswa akan diarahkan menuju ke perpustakaan yang jaraknya relatif dekat dengan kelas. Karena pada jam-jam seperti itu sangat jarang siswa berkunjung ke perpustakaan. Di samping juga keadaan perpustakaan yang relatif nyaman dan sedikit jauh dari kebisingan kantin.
Kondisi Siswa : Siswa berjumlah 40 orang dan karena kelas yang diajar adalah kelas unggulan di sekolah itu, artinya yang ada di kelas itu adalah siswa-siswi pilihan yang telah disaring dari berbagai siswa SD lewat TPA, maka secara tak langsung antusiasme terhadap palajaran apapun selalu tinggi termasuk terhadap pelajaran sejarah yang dibuktikan dengan sikap kritis dan analitis dan penuh motivasi serta rasa ingin tahu yang begitu besar dari siswa saat mengikuti pelajaran.
Waktu : Alokasi waktu yang diberikan pada mata pelajaran ini adalah 90 menit pada jam CD (pukul 08.30-10.00). Karena alokasi waktu yang diberikan yakni jam CD dari pukul 08.30-10.00, tentu akan berbenturan dengan waktu istirahat siswa pukul 09.15, maka pelajaran tetap disambung dengan harapan konsentrasi siswa tetap fokus dalam mengikuti pelajaran di samping itu materi pelajaran akan terserap secara menyeluruh dan tidak setengah-setengah sehingga apa yang diterima tidak hanya masuk telinga kiri keluar telinga kanan, untuk itu pendidik menyiasati alokasi waktu yang berbenturan itu dengan mengadakan diskusi agar lebih terasa menarik. Selain juga waktu yang masih pagi, daya otak masing-masing siswa sedang hangat-hangatnya sehingga respon siswa dalam mengikuti pelajaran tetap tinggi.


Standar Kompetensi : Menganalisis pembabakan zaman pra sejarah di Indonesia

Kompetensi Dasar: Siswa dapat menganalisis pembabakan zaman pra sejarah berdasarkan geologi
Indikator pencapaian : Siswa dapat menganalisis pembabakan Zaman pra sejarah berdasarkan geologi, mendeskripsikan bentuk dan ciri kehidupan yang muncul pada masa itu serta mampu menjelaskan perkembangan masa selanjutnya.
Uraian materi :
Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan. Berdasarkan geologi, terjadinya bumi sampai sekarang dibagi ke dalam empat zaman. Zaman-zaman tersebut merupakan periodisasi atau pembabakan pra sejarah yang terdiri dari zaman Arkaekum (zaman tertua) yang berlangsung 2500 tahun yang lalu, Zaman Paleozoikum (zaman tua) yang berlangsung 340 juta tahun, Zaman Mesozoikum (zaman hidup pertengahan/sekunder) yang berlangsung kira-kira 140 juta tahun dan Zaman Neozoikum (zaman hidup muda) yang terbagi lagi menjadi dua zaman yang memiliki kemunculan ciri serta karakter kehidupan yang berbeda.

A. Metode
Ceramah dan diskusi kelas
B. Materi Diskusi 1 (Zaman Arkaekum dan Paleozoikum)
- Bagaimana keadaan bumi ketika berlangsung Zaman Arkaekum ?
- Kenapa keadaan bumi dikatakan belum stabil ketika Zaman Arkaekum berlangsung?
- Bagaimana dan jenis kehidupan seperti apa yang muncul ketika berlangsung Zaman Paleozoikum? Lihat gambar
2 (Zaman Masozoikum dan Neozoikum)
– Bagaimana ciri kehidupan yang muncul pada Zaman Mesozoikum? Lihat gambar
– Bagaimanakah pembagian Zaman Neozoikum ?
– Apa pula yang menjadi ciri kehidupan masing-masing Zaman?



H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Lama Pertemuan Kegiatan Guru Kegiatan Siswa
Pendahuluan
10 menit










Kegiatan inti 15 menit











35 menit










25 menit


Kegiatan akhir 5 menit • Menciptakan kondisi belajar yang kondusif dengan mengucapkan “Selamat Pagi”
• Mengabsen kehadiran siswa
• Apersepsi materi
• Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dibahas
• Melakukan proses diskusi




• Proses diskusi I dan II
• Pengarahan siswa untuk mencermati dan mendengarkan dengan baik, bila kurang paham dan kurang jelas dipersilahkan untuk bertanya
• Memberikan motivasi kepada siswa demi kelancaran diskusi




• Mengawasi dan memfasilitasi jalannya diskusi
• Membimbing siswa yang memerlukan bantuan
• Memberikan arahan dan mempertegas jawaban siswa dari hasil diskusi
• Menginstruksikan kepada siswa untuk menyimpulkan hasil diskusi
• Memberikan rangkuman dan kesimpulan atas diskusi yang dilakukan
• Memberikan evaluasi (tes kecil)

• Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
• Guru menutup pelajaran dengan salam penutup • Menyiapkan materi pelajaran
• Memperhatikan pengabsenan serta apersepsi materi yang akan disajikan
• Mencermati KD dan indikator yang akan dibahas
• Mendengarkan arahan


• Melaksanakan diskusi diawali dengan presentasi kelompok I
• Malakukan tanya jawab bila ditemukan materi yang kurang paham baik dari masing-masing kelompok atau dari guru pengajar



• Mendengarkan pengarahan guru pengajar dari hasil diskusi
• Siswa merangkum materi yang sudah dibahas
• Mencatat kesimpulan




• Mengerjakan evaluasi dalam bentuk tes tertulis

• Mendengarkan dan mencatat kompetensi dasar yang disampaikan unutk dibahas pada hari berikutnya
I. Alat/Sarana/Bahan dan Sumber Belajar
- Alat peraga :Aneka Gambar terkait materi
- Sumber : Sardiman, A.M, dkk. 2006. Khazanah Ilmu Pengetahuan Sosial 3. Solo. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
- LKS Ratih kelas XI IPS . Sekawan, Klaten.
- LKS Wajar kelas XI IPS Terpadu. Graha Pustaka, Jakarta.
J. PENILAIAN
- Jenis Tagihan : Individu
- Bentuk instrument : pilihan ganda
- Butir tagihan :
1) Ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan disebut dengan….
a. Hidrologi b. Geologi
c. Geografi d. Filologi
2) Ciri kehidupan yang muncul pada Zaman Paleozoikum adalah dengan adanya……
a. Manusia b. Manusia kera
c. Manusia purba d. Mahkluk bersel satu
3) Ciri kehidupan unik di Zaman Mesozoikum adalah dengan munculnya.
a. Binatang reptil raksasa
b. Manusia kera
c. Amphibi
d. Kera-kera besar
4) Zaman Mesozoikum sering juga disebut dengan Zaman….
a. Primer.
b. Tertua
c. Sekunder
d. Muda
5) Zaman Neozoikum terbagi menjadi 2 Zaman yakni Zman…
a. tersier dan alluvium
b. tersier dan dilluvium
c. alluvium dan dilluvium
d. tersier dan kuarter



e. Kunci Jawaban:
1.B
2.D
3.A
4.C
5.D


K. LEMBAR PENILAIAN SISWA
NO NAMA SISWA
ASPEK
1 YANG
2 DINILAI
3 JUMLAH SKOR NILAI
1
2

ket: 1 keseriusan siswa dalam mengikuti pelajaran
2 Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan
3 ketrampilan berbicara


























LAMPIRAN GAMBAR





Berbagai jenis binatang yang muncul ketika jaman paleozoikum-neozoikum





Bagan pembabakan jaman pra sejarah berdasarakan geologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ing arso asung tulodho, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani